Jumat, September 17, 2010

Menjadi Mahasiswa Baru

Saat ini, mungkin Anda adalah salah satu mahasiswa baru, entah dari perguruan tinggi negeri atau swasta. Yang jelas Anda mulai memasuki babak kehidupan baru, babak proses pembentukan diri yang ke sekian dari bertahap-tahap proses yang sudah terlewati. Anda sudah mulai mengenal masa orientasi pengenalan kampus. Anda mulai mengenal kehidupan kampus yang bisa jadi isinya ada diskusi, pacaran, demo, pertunjukan dan lain sebagainya. Tetapi yang jelas bahwa Anda adalah mahasiswa, ya siswa yang sudah maha...tidak ada lagi siswa lebih tinggi dari itu. Tetapi pernahkah Anda sadari bahwa menjadi mahasiswa justru harus menunjukkan sikap seperti padi yang rendah diri?? Sebagian dari kita terjebak, bahwa mahasiswa adalah status sosial tinggi, prestisius dengan berbagai asumsi kapasitas dan kapabilitas yang maha juga. Tak aneh jika ada mahasiswa yang sok pinter, sok keminter, sok ilmiah, dan sok-sok lainnya.

Namun ada juga sebagian dari kita, menyadari bahwa menjadi mahasiswa merupakan sebuah tuntutan akan keseriusan belajar. Sudah cukup matang dari umur, sudah cukup lama dari waktu untuk proses berlatih belajar. Maka ketika menjadi mahasiswa dituntut lebih mandiri, lebih bisa mengatur waktu sendiri, dan tentu lebih giat belajar. Sayang sekali, kadang niat yang sudah tepat ini berbelok karena godaan jaman atau godaan janji wah, bahwa menjadi mahasiswa akan menjanjikan pekerjaan yang prestisius dan wah, menjanjikan masa depan yang lebih clink.

Padahal, menjadi mahasiswa adalah menjadi siswa yang sudah puncak, menjadi siswa yang "katok", jadi menjadi siswa yang sungguh-sungguh siswa, menjadi siswa sejati...pencari ilmu, penemu hikmah, penggali pengetahuan, penegak kebenaran dan tentu pelaku budi yang rendah hati sebagai siswa sejati, sebagai pencari sejati....

Nah...menjadi mahasiswa yang model seperti apa Anda??? tentu Anda sendiri yang akan mampu menjawab dan mengukirnya...tak perlu sebuah jawaban yang langsung, tetapi butuh jawaban yang panjang dan berproses menjadi sang "MAHA" siswa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas partisipasinya