Sabtu, Juni 27, 2009

Soal Penerimaan Siswa Baru


Surabaya. Dengan sistem pendaftaran siswa baru secara online, di satu sisi berusaha untuk menyederhanakan proses serta mempersingkat pekerjaan yang sebelumnya bisa lama. Tetapi pada nyatanya itu masih belum bisa terwujud. Akibat melebihinya jumlah pendaftar online, maka jaringan menjadi over, sehingga tidak bisa berjalan lancar. Pendaftaran manual akhirnya dilakukan. Dan itu juga menambah waktu menjadi lebih lama lagi, karena diundur. Dus apa yang menjadi sasaran program PSB online tidak tercapai. Keserdahanaan yang dikehendaki tidak terwujud, karena toh pada akhirnya cara manual tetap dilakukan atau tidak banyak orang tua atau siswa yang akrab dengan internet. Tujaun mempersingkat nyatanya menjadi lama, karena waktunya ditunda akibat gagal sistem yang diterapkan.
Persoalan utamanya selalu berkisar pada dua hal tersebut. Soal ovrload seharusnya sudah diantisipasi jauh-jauh hari, karena itu pasti terjadi. Bandingkan ketika psb-online running pada hari biasa, lancar sekali, tetapi ketika saat pendaftaran pasti berjubel pengguna ingin masuk. Dan itu jelas bisa diduga atau di"pastikan".
Demikian pula soal keakraban. Bisa sebaliknya semakin tahun semakin meningkat keakraban masyarakat dengan internet. Dus makin banyak saja yang berusaha mengakses pendaftaran melalui internet. Jadi sebenarnya sederhana, bagaimana mengatasi masalah overload tersebut pada saat-saat pendaftaran saja? sedangkan ketika tidak pendaftaran, jadi cepat sekali aksesnya. Mudah bukan? Tapi sulit rasanya dilakukan perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas partisipasinya